cover
Contact Name
M. Lutfi Firdaus
Contact Email
M. Lutfi Firdaus
Phone
-
Journal Mail Official
pascapendipa@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
PENDIPA Journal of Science Education
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 20869363     EISSN : 26229307     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher education and other educational institution. We encourage scientist, lecturer, teacher and student to submit their original paper to the journal. PENDIPA journal is published by Graduate School of Science Education - University of Bengkulu, three times a year on February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): November - February" : 40 Documents clear
Estimasi Ancaman Gempabumi dan Tsunami di Kabupaten Pidie Jaya Aceh untuk Mendukung Keamanan Nasional Rio Khoirudin Apriyadi; Wahyu Kurniawan; Sugeng Yulianto; Syamsunasir Syamsunasir; I Dewa Ketut Kerta Widana; Adi Subiyanto; Fauzi Bahar; Djati Cipto Kuncoro
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.1-7

Abstract

[Estimation of The Threat of Earthquake and Tsunami in Pidie Jaya Regency to Support National Security]. Bencana merupakan suatu ancaman non-militer dan nyata yang dihadapi dunia saat ini. Bencana mengancam keselamatan masyarakat yang pada akhirnya mengancam keamanan nasional suatu negara, termasuk Indonesia. Ancaman nyata yang saat ini dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah peningkatan kejadian bencana yang dirasakan hampir diseluruh wilayah Indonesia. Kabupaten Pidie Jaya yang merupakan bagian dari Provinsi Aceh juga memiliki ancaman multi bencana seperti gempabumi dan tsunami. Gempabumi yang terjadi di Pidie Jaya disebabkan oleh aktivitas Sesar Pidie dengan arah bidang patahan mendatar atau strike-slipe. Selain itu, terdapat Zona Megathrust Sumatera dan Sesar Besar Sumatera yang berada di Provinsi Aceh dengan aktivitas kegempaan yang dapat berpotensi tsunami. Dalam penelitian ini dilakukan suatu simulasi tsunami dengan output wilayah-wilayah yang berpotensi tsunami berserta run up atau ketinggian air tsunami akibat gempa di Zona Megathrust Aceh-Andaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (deskriptif analisis) sebagai desain penelitian. Penelitian dilakukan pada 18 Maret 2021 di ruang operasional InaTEWS (Indonesia Tsunami Warning System) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggunakan bantuan software TOAST (Tsunami Observation and Simulation Terminal).  Dari seluruh rangkaian pengolahan dan analisis data didapatkan hasil bahwa Zona Megathrust Aceh-Andaman berpotensi tsunami dengan run up (ketinggian air tsunami) yang paling tertinggi sebesar 10,5 meter di Meulaboh, Kab. Aceh Barat, 5,5 meter di Kota Sabang, dan 3 meter di Kabupaten Pidie Jaya dengan waktu tiba tsunami (golden time) sekitar 24 menit 55 detik. Kajian atas estimasi gempabumi dan tsunami ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi dalam penentuan kebijakan BPBD Pidie Jaya dalam upaya mitigasi bencana untuk melindungi masyarakat Pidie Jaya dan mewujudkan keamanan nasional.
Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Video Berbasis Pen Tablet Dalam Pembelajaran Topik Integral Selama Pandemi Covid-19 Nia Maharani
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.41-48

Abstract

Sejak Covid -19 melanda semua sektor terkena dampaknya termasuk sektor pendidikan. Para tenaga pendidik memerlukan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar agar tetap tercapai sasaran yang diinginkan. Dalam hal ini peran teknologi memiliki andil besar. Berbagai terobosan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Tenaga pendidik harus menggunakan teknologi untuk meningkatkan kesempatan belajar peserta didik mereka dengan memilih atau membuat tugas matematika yang memanfatkan teknologi apa yang dapat dilakukan secara efisien dan baik. Kalkulus adalah salah satu matakuliah dasar matematika yang sangat penting untuk dikuasai mahasiswa. Sebagai mata kuliah dasar, kalkulus memiliki kaitan yang erat dengan mata kuliah lainnya. Salah satu topik penting dalam kalkulus adalah integral. Kalkulus integral mempelajari materi integral, mulai dari definisi, jenis-jenis integral dan aturan-aturan pada integral dan aplikasi integral. Hasil penelitian dari Suparwadi dan Hartono menunjukkan bahwa kalkulus integral masih dianggap sebagai mata kuliah yang sulit bagi mahasiswa. Dari hasil uji pendahuluan yang  menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah tersebut masih rendah, yait 16,7 % mahasiswa yang memperoleh nilai A dan B , sedangkan sisanya adalah nilai C dan E [3]. Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan kondisi mahasiswa di Jurusan Sistem Komputer STMIK STIKOM Indonesia dimana dari data penulis miliki, berdasarkan pembelajaran integral sebelumnya bahwa tingkat penguasaan materi integral masih rendah yaitu 69 %. Dari uraian di atas maka diperlukan suatu terobosan dalam pemberian materi ajar dengan kondisi belajar daring selama pandemi Covid -19 dan mengadaptasi dimana mahasiswa kekinian lebih mudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Terobosan tersebut adalah untuk meningkatkan penguasaan materi integral dengan cara menerapkan suatu pembelajaran berbasis teknologi yaitu menggunakan video ajar berbasis pen tablet. Dengan memperhatikan kebutuhan berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan perlu dilakukan pula analisis kebutuhan berdasarkan pengguna bahan ajar yaitu mahasiswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kebutuhan bahan ajar video materi integral berbasis pen tablet pada 86 orang mahasiswa Jurusan Sistem Komputer STMIK STIKOM Indonesia semester 2 sebagai sampel. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang merujuk pada teori pengembangan 4D  (define, design, development and dissemination) tapi dibatasi hanya pada tahap define. Data dikumpulkan dalam bentuk kuisioner yang berisi 10 pertanyaan. Dari hasil penelitian menunjukkan diperlukan bahan ajar alternatif selain buku atau modul yang terintegrasi dengan teknologi yaitu video ajar.
Respon Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Pembelajaran Luar Kelas Berbasis Sains Bus Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Reza Stefani Carlesia; Nadi Suprapto
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.8-15

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis respon siswa sekolah menengah atas terhadap pembelajaran luar kelas berbasis Sains bus untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa. Metode pada penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, dilaksanakan pada bulan Maret–April 2021 pada saat pandemi covid-19. Adapun Populasinya merupakan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri dan swasta di seluruh Surabaya yang terdistribusi dari kelas X, XI, XII. Cluster random sampling digunakan sebagai Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini. Adapun sampelnya adalah 100 siswa dari kelas X, XI, XII SMAN 4 Surabaya, SMAN 7 Surabaya, SMAN 9 Surabaya, SMAN 15 Surabaya, SMAN 17 Surabaya, SMA Wachid Hasyim 5, dan SMAK Karitas III. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan melalui data tes dan angket, didapatkan kesimpulan bahwa keterampilan literasi sains SMA di Surabaya khususnnya pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) berada pada kategori rendah. Salah satu solusi yang dapat penulis tawarkan mengenai hal tersebut adalah menerapkan pembelajaran luar kelas dengan memanfaatkan kearifan lokal kota Surabaya yakni bus Surabaya. Hal tersebut juga didukung dengan hasil angket, dimana sebesar 92% siswa membutuhkan kegiatan baru dalam pembelajaran, sebesar 85% tertarik jika pembelajaran pada materi GLB dan GLBB di lakukan di dalam bus Surabaya, dan sebesar 86% setuju bahwa pembelajaran di dalam bus dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa khususnya pada materi GLB dan GLBB.
Kelayakan Lembar Penugasan Terstruktur pada Materi Laju Reaksi untuk Melatihkan Literasi Sains Angelina Nur Afni; Suyono Suyono
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.16-25

Abstract

Tujuan penelitian yang dihasilkan Lembar Penugasan Terstruktur (LPT) pada pembelajaran kimia laju reaksi yang layak untuk melatihkan Literasi Sains (LS). Perangkat pembelajaran ( learning device ) ini diakronimkan dengan LPTLS-Laju Reaksi. Kriteria kelayakan termasuk validitas (konstruk dan isi), kepraktisan, dan memiliki. Pengembangan LPTLS-Laju Reaksi menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan: (1) potensi dan masalah; (2) belajar data; (3) desain produk; (4) desain validasi; (5) desain revisi; (6) produk ujicoba; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian; (9) revisi produk; dan (10) produksi masal.Penelitian ini dilakukan hanya sampai langkah ketujuh yaitu revisi produk pasca uji coba. Minuman LPTLS-Laju Reaksi Yang Telah dirancang Dan kembangkan ditelaah Dan selanjutnya diuji validitasnya melalui PENILAIAN Ahli melibatkan Tiga Ahli di Bidang Pendidikan kimia. LPTLS-Laju Reaksi yang dinyatakan valid tes-tes coba kepada peserta didik pengguna untuk dievaluasi kepraktisan dan kekuatannya. Kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran ini dievaluasi berdasarkan data respon yang diberikan peserta didik pengguna. Kriteria kriteria LPTLS-Laju Reaksi berdasarkan skor peserta didik dalam literatur sesudah uji-coba perangkat ( One-Shot Case Study ). Seluruh data dianalisis secara deskriptif.LPTLS-Laju reaksi dinyatakan memenuhi kriteria kevalidan jika nilai Mo? 4 untuk tiap soal dan R? 75%. LPTLS-Laju reaksi dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan jika nilai Mo? 3 untuk tiap soal dan R? 75%. LPTLS-Laju reaksi dinyatakan memenuhi kriteria yang memenuhi jika perwakilan peserta didik yang lulus? 51%. Hasil penelitian: (1) LPTLS-Laju Reaksi yang dinyatakan dinyatakan memenuhi syarat kelayakan ditinjau dari kriteria validitas baik konstruk maupun isi, (2) LPTLS-Laju Reaksi yang dinyatakan dinyatakan memenuhi syarat kelayakan ditinjau dari kriteria kepraktisan, dan (3) LPTLS- Laju Reaksi yang dinyatakan dinyatakan dinyatakan dinyatakan dinyatakan dinyatakan memenuhi syarat syarat kelayakan ditinjau dari kriteria yang memiliki.Dengan demikian dapat disangkal bahwa LPTLS-Laju reaksi yang dinyatakan layak digunakan untuk membelajarkan literasi sains pada peserta didik SMA kelas XI.
Development of Articulate Storyline-based Dynamic Fluid Learning Media For Grade XI High School Students Farah Faridatul Fatikhah; Mita Anggaryani
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.26-34

Abstract

Articulate Storyline (AS) is a learning media creation software that presents materials with storylines. The presence of added characters makes the learning media more interactive and more immersed in the story presented. The use of characters is expected to appeal to students learning. The topic used in the learning media developed is Dynamic Fluid. The purpose of this research is to design a physics learning medium that implements Dynamic Fluid theories into a storyline using an Articulate Storyline. According to contextual learning theory, good learning is learning that is applicable to daily life. For further media development, researchers plan to raise the life of a plumber and associate it with Dynamic Fluid materials according to the High School Curriculum. The method used in this study is Research and Development (R&D). Media can be used via web and android. This study stated that the learning media developed is worth using with a validity value of 90.71% classified as very valid. The positive response of students to the media by 99.16%, which belongs to the category, is very good. The percentage of learning activities completed through the comprehension test was 84.4%, which falls into the category of very good. Dynamic fluid learning media based on the Articulate Storyline is suitable for use as a learning resource and as a learning companion for grade 11 high school students.
Kajian Risiko Bencana Berdasarkan Jumlah Kejadian dan Dampak Bencana di Indonesia Periode Tahun 2010 – 2020 Mir'atul Azizah; Rio Khoirudin Apriadi; Riskina Tri Januarti; Tri Winugroho; Sugeng Yulianto; Wahyu Kurniawan; I Dewa Ketut Kerta Widana
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.35-40

Abstract

“Ring of fire” yang mengelilingi wilayah Indonesia, bonus demografi dan beberapa faktor lainnya membuat Indonesia menjadi wilayah yang rawan terhadap bencana. Hal tersebut seperti yang terekam pada DIBI pada periode tahun 2010 – 2020 terdapat 24.969 kejadian bencana. Penelitian ini merupakan kajian  risiko bahaya bencana berdasarkan jumlah kejadian dan dampak bencana di Indonesia pada periode tersebut. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk menilai risiko bahaya akibat bencana yang terjadi dan kedepannya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran serta acuan dalam mitigasi, pencegahan, kesiagaan, kesiapsiagaan bencana di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuantitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bencana yang paling berisiko tinggi adalah banjir. Hal tersebut sesuai dengan data yang terekam oleh Data dan Informasi Bencana Indonesia (DIBI) frekuensi kejadian banjir merupakan bencana yang paling sering terjadi di Indonesia. Dan wilayah Indonesia yang mempunyai risiko bahaya paling tinggi terhadap bencana adalah Provinsi Jawa Barat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua Provinsi di Indonesia mempunyai risiko bahaya terhadap bencana. Sehingga perlu adanya perhatian lebih terhadap mitigasi, pencegahan, kesiagaan dan kesiapsiagaan sesuai dengan tingkat risiko khususnya bencana banjir dan Jawa Barat. Bencana banjir merupakan bencana yang mempunyai risiko paling tinggi dan Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang mempunyai risiko bahaya paling tinggi terhadap bencana. 
Strategi Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi COVID-19 Guna Mendukung Keamanan Nasional di Kabupaten Pidie Jaya Aceh Hafizh Surya Islami; Iko Sarikanti Ponangsera; Mir'atul Azizah; Yuli Subiakto; Eddy Azwar
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.73-79

Abstract

Penyakit virus korona-2019 atau yang dikenal dengan COVID-19 berasal dari kota Wuhan, Provinsi Hubei Cina. Virus tersebut muncul pertama kali pada akhir tahun 2019. Penyebarannya sangat cepat dan mewabah hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. COVID-19 berdampak pada segala sektor, baik ekonomi, industri pariwisata, pertanian, pendidikan, layanan kesehatan, kemanan dan pertahanan dan masih banyak lagi. Pandemi COVID-19 merupakan bencana non alam yang harus secara bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa. Kabupaten Pidie Jaya merupakan salah satu wilayah di Provinsi Aceh yang sampai saat ini masih selalu siap untuk waspada terhadap COVID-19.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi dari Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menghadapi pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data bersumber dari literatur, focus group discussion dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya. Berdasarkan studi literatur dan wawancara hasil membuktikan sampai saat ini pemerintah Kabupaten Pidie Jaya meningkatkan kapasitas masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi, penegakan protokol protokol kesehatan, vaksinasi, siapkan gampong yang lebih tangguh terhadap COVID-19. Selain itu, pelibatan para pemangku kepentingan baik di sektor pemerintah, masyarakat, akademis dan media.Semua bersinergi untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Pidie Jaya yang sehat, aman dan waspada dari COVID-19.
Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku Asiani Asiani; Sjaifuddin Sjaifuddin; Lulu Tunjung Biru
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.113-119

Abstract

Panas di bumiku merupakan suatu permasalahan rusaknya bumi akibat pencemaran udara. Panas di bumiku dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang akurat dengan menggunakan bahan ajar buku teks pelajaran untuk meningkatkan kemampuan sikap ilmiah siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kemunculan komponen sikap ilmiah siswa dalam buku teks pelajaran IPA SMP kelas VII pada tema panas di bumiku. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar checklist. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini pada tiga buku teks pegangan siswa mata pelajaran IPA SMP kelas VII yaitu komponen kepercayaan sebesar 55,5%, komponen perasaan sebesar 61,0%, dan komponen tindakan sebesar 62,1% dengan kriteria cukup baik. Persentase kemunculan indikator menerima informasi, menanggapi informasi, jujur, teliti, hati-hati, dan kerja sama sebesar 66,6% dengan kriteria baik. Sedangkan indikator menilai informasi, rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan persentase kemunculannya sebesar 33,3% dengan kriteria tidak baik. Secara keseluruhan ketiga buku teks pegangan siswa mata pelajaran IPA SMP kelas VII yang dianalisis, komponen kepercayaan mendapatkan persentase terendah dan komponen perasaan serta komponen tindakan mendapatkan persentase tertinggi. Sedangkan pada indikator menerima informasi, menanggapi informasi, jujur, teliti, hati-hati, dan kerja sama mendapatkan persentase tertinggi dan indikator menilai informasi, rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan mendapatkan persentase terendah.
Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abstrak Siswa SMA pada Materi Medan Magnet Ricki Angga Rizti Yovan; Abd. Kholiq
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.80-87

Abstract

The aim of this study is to describe the validity of learning media named MA FIA (Magnetic Field Fisika Augmented Reality) which is physics learning media material based on augmented reality to train the abstract thinking skills in magnetic field material of high school students. This research is development research with the DDD-E design model (Decide, Design, Develop, Evaluate). This research was limited to the validity of media only and not up to effectiveness and practically learning because of the spread of Covid-19 that carried out the PSBB. Validity in terms of learning, material, media and language. Three expert lecturers carried out the validation of this media. The data collection technique is a validation questionnaire method and analyzed by quantitative analysis method. Based on the results of the assessment conducted, the validity result of MA FIA in learning, material, language, media, and abstract thinking skill aspect were 92%, 94%, 95%, 93%, 92%. This result had very valid criteria and could be declared suitable as a learning medium to train the abstract thinking skills of high school students in magnetic field material. Also in the future research, this media can carried out the test of practically and effectiveness as teaching material.
Pengembangan Bahan Ajar IPA Tema 8 Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar Suang Kupon Syukur; Yanti - Fitria; Farida F
PendIPA Journal of Science Education Vol 6, No 1 (2022): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.6.1.120-127

Abstract

This research is motivated by teaching materials that do not do project learning. This research aims to describe the development process and produce thematic integrated teaching materials on theme 8 using a valid, practical, and effective Project Based Learning (PPA) model for fifth grade elementary school students. This type of research is research and development. The development model carried out is a 4-D model. This research was conducted at SDN 39 Mata Air. The research subjects were students of class V. The validity of the research data was obtained using the RPP validation questionnaire sheet and teaching materials. Practicality data were collected through the lesson plan implementation observation sheet, teacher and student questionnaire responses. The effectiveness is taken from the activities, and student learning outcomes. Based on the validity test, data was obtained that the lesson plans and teaching materials from expert validators and category validators were very valid. The practicality test results from the implementation of lesson plans, teacher responsibility costs and student assessment are very practical categories. The results of the effectiveness test on the results of activities with the active category and learning outcomes obtained a proportion of the results from the KKM. Based on these results, it can show that integrated thematic teaching materials using the Project Based Learning (PPA) model for grade V SD students are valid, practical, and effective. 

Page 1 of 4 | Total Record : 40